Hubungan Mesra Ed Sheeran dan Loop Station

Image Courtesy - storypick

Ed Sheeran, seorang musisi asal Inggris dengan nama lengkap Edward Christopher. Seorang penyanyi dengan skill apik dan suara asyik. Siapa sih yang nggak kenal Ed, terutama dengan hits asoynya yang berjudul "Thinking Out Loud".

Namun kesuksesan Ed dalam dunia musik tidak diraihnya begitu saja, sebelum sohor seperti sekarang ini, Ed memulai karirnya sebagai seorang pengamen sejak remaja hingga popularitas mulai menghampirinya pada sekitar tahun 2011. Namun demikian, bukan berarti jiwa kreativitasnya berawal di situ, ia sebetulnya sudah mulai menciptakan lagu-lagu sendiri dan merekamnya pada tahun 2004. Dan berkat lagu pertamanya yang berjudul "The A Team", Ed berhasil menarik perhatian pecinta musik dan mulai melakukan pertunjukan dari panggung ke panggung, hingg aakhirnya terkenal ke seluruh penjuru dunia seperti sekarang ini.

Kalian pasti setuju, jika penampilan Ed selalu sukses memukau bara penikmat musik, apalagi dengan album barunya yg berjudul “X (multiply)”. Jiwa kreatif Ed muncul dengan kemampuannya membuat musik menjadi hidup karena dapat membuat suara (beat) drum hanya dengan menggunakan gitar akustik (yang dipukul-pukul) dan mikrofon. Loh kok bisa? Bisa. Karena Ed menggunakan sebuah efek yang disebut Loop Station.

Apa sih loop station? 

Loop station ini adalah sebuah efek yang bisa merekam suara dan mengulangnya terus menerus sesuai dengan bar yang kita inginkan. Sebetulnya loop station ini tidak hanya bisa digunakan untuk gitar saja, tapi juga dapat merekam suara dari alat musik lain. bahkan suara manusia lewat microphone.

Alat ini memungkinkan kamu untuk tampil asyik dalam format "one man show". Karena kamu bisa berkreasi dengan berbagai suara, alat musik, hanya oleh dirimu saja. Tapi karna namanya "loop", otomastis efek ini cuma bisa kamu pakai untuk lagu dengan chord yang berulang. But don't worry, it's amazing anyway! Lihat saja Ed Sheeran.

Dan karena permainan musik Ed dengan loop station ini berhasil memukau banyak orang, maka banyak pula musisi-musisi amatir yang terinspirasi untuk berkreasi dengan alat tersebut. Jadi rasanya wajar saja kalau Ed disebut sebagai salah satu pelopor loop station.

Gimana sih bentuk loop station itu? Harganya?

Banyak macamnya, ini nih contoh yang paling sederhana;


Efek di atas cuma punya satu channel alias cuma bisa menginput satu alat musik aja, tapi kalo kamu cukup kreatif, efek tersebut bisa jadi senjata canggih untuk memukau penonton ataupun teman-temanmu kok. Harganya, siapkan aja 1,3-1,5 jutaan.

Ada juga efek yang mirip dengan yang di atas, tapi sudah support 2 channel, Harganya berkisar antara 2,8 sampai 3 jutaan, nih penampakannya:



Mau yang lebih canggih dan keliatan profesional? pake yang kayak di bawah ini aja nih, siapkan kocek sekitar 4 jutaan ya...


Atau kamu pengen punya loop station yang Ed Sheeran pake?


Harganya berapa ya? Keliatannya gahar dan canggih banget.
Hmm sayangnya kamu gak bisa beli loop station yang berlabel Chewie II itu, soalnya itu alat custom, alias dibikin sendiri. Jadi otomatis Chewie II cuma Ed Sheeran yang punya. Jangan sedih ya...

Well, di bawah ini ada tutorial dasar dari Ed Sheeran gimana cara memakai loop station, barangkali kamu tertarik atau mungkin cuman sekedar penasaran. Simak aja yok....